Sunday, February 7, 2010

L.U.V cover

dapet update terbaru soal tanggal terbit Komik LUV, katanyah bakalan terbit tanggal 17 Februari 2010, barengan sama:Yowamushi Pedal Go 05,Miiko Fan Book,Dragon Girl 01 ,Mahiru Meteor 01,Jungle Sister,Bleach 17,Charm Angel 05,Dive 04,Momokan 05,AMERO ,Maikel Jeksen ,Hurasic Park,Long Hu Men 164,Twins Final Chapter 05,1SR6.

yippiw.. sekarang sih tinggal menghitung hari sajah sampe tanggal terbit nyah.. ohoho.. XD

btw ini adalah Cover akhirnyah yang bakalan terpampang di Toko Buku nanti.. ^^




ngomong2 soal kover, kayaknyah sayah bikin kover sampe 4 kali buat komik ini.. wkwkwk, memang sedikit merepotkan sih.. tapi apapun akan saya lakukan demi yang terbaik, dan demi kover yang mantap.. XD

awalnyah, kover pertama yang dibuat adalah ini :

bikin kover ini, beberapa saat setelah Proposal LUV diterima editorial MnC, komiknyah belum jadi, Pak Gupta sudah menagih kover, katanyah sih buat diajukan ke tim Koloni, untuk dirapatkan lagi. ya sudah, karena permintaan Editor, walopun jauuuh dari ekspetasi, karena merasa janggal bikin Kover di awal proyek, tapi sayah bikin juga.. untuk kover ini sayah suka sama konsepnya, juga warna2nyah.. tapi nggak tauk kenapa ada yang berasa kurang.. waktu minta pendapat temen.. katanyah kover ini terlalu biasa, apalagi dari segi teknik digitalnyah yang payah.. hahaha =_=a


setelah komiknyah selesai ini adalah Kover kedua yang saya ajukan.


bikin kover ini, langsung setelah pentoningan komik LUV selesai, memakai konsep yang sudah digodok lamaaaaa sebelumnyah, dan lagi sudah lama sekali ketika terakhir kali sayah memakai teknik cet air, yang padahal sempat jadi teknik andalan saya dalam berkarya..+_+ memulai kembali rasanya grogi, tapi tetap sajah diusahakan yang terbaik, walaupun masalah teknis seperti kuas paling penting ternyata rusak dan bikin frustasi menjadi kendala terbesar, akhirnyah kovernyah jadi juga. tapi ternyata setelah dilihat2, back covernya kalah sama front cover, keliatan banget kalo sayah sudah kelelahan ketika mengerjakannya, dengan kata lain.. JELEK. (waloupun katanyah tim desaim MnC seneng banget sama cover yang ini )


maka dari itu saya keesokan harinyah membuat lagi sebuah kover dengan stamina penuh,gak tanggung2 di kertas ukuran A3 pula.. XD inilah kover ke 3 yang saya ajukan.


meskipun kover ini dari segi konsep dan arti didalamnyah mempunyai ikatan personal dengan sayah, dan terinsprasi dari pengalaman pribadi..(2 orang ceunah nyadar ituh b\BG nyah diambil disebuah mall beken di Bandung.. Xd ) tapi jelas2 kover ini gagal total.. hahah memang sih romantis, tapi konsepnyah kurang jelas terbaca oleh pembaca, dan masalahnyah kover ini merupakan SPOILER! wkwkkw, tapi pak editor sayah jatuh cinta berat sama cover belakangnya, memaksa saya untuk memindahkan kover belakang ke kover depan dan jadi seperti ini



tapi tetap aja spoiler.. wkwkwk saking ngebetnyah bapak editor sama Kover komik ini, beliau menawarkan untuk memasukan ilustrasi ini, untuk dijadikan pinup berwarna didalam komiknya, tapi komiknyah harganyah jadi Rp18.000 wuiiih nggak maoooo wkwkwkkw XD. sudah lah.. pasti nanti bakal ada jodoh sama illustrasi ini, entar dijadiin poster, postcard, ato apa kek mauk bikin artbook juga boleh.. hehehe.


setelah mengajukan kedua buah cover tersebut, dan kemudian berdiskusi dengan tim editorial dan tim desain, saya merasa kalo kedua kover tersebut adalah kover GAGAL, saya langsung cepat2 meminta waktu untuk membuat satu lagi kover,untung saja bapak editor mengijinkan, akhirnyah dengan riset sana sini, membaca ulang komiknyah, dan semalaman bersemedi, dan melakukan studi layout dan sketsa konsep kover. akhiranyah keesokan harinya saya muncul dengan kover ini:



yang sangat-sangat sayah sukai, dan sayah pikir secara pribadi konsep dan gambarnyah keren, eye ctaching, warnanya lebih hidup, plus bukan SPOILER.. XD. untuk judul dan tipografinyah, karena saya merasa payah banget soal tipografi, dibantuin sama Omu.
pokoknyah saya merasa inilah yang terbaik yang bisa saya lakukan.. (orang kalo dalam keadaan terdesak emang suka menghasilkan karya yang lebih bagus. hahaha ) setelah pertempuran di ruang desain bersama tim editorial MnC, dan dengan saya yang menunggu dengan hati berdebar diujung telepon. kover inilah yang menang dan maju untuk menjadi kover akhir, desainyah diutak-atik dulu sama Tim MnC dan dapet 8 desain. tapi yah yang bakalan bertengger di rak-rak toko buku sih yang ini.. :)


its my fave design from all..dan saya harap kalian semua juga menyukainya.. jangan lupa beli yaa? siap2 nanti tanggal 17.. cihuuuy!

6 comments:

  1. aku lebih seneng yang versi nunggu BUS, meng..
    lebih wrna warni n ceria, sesuai konsep komiknya.. tapi yang versi main kasti juga ok, bandel2 dikit, hehehe

    ReplyDelete
  2. gyaahh~ congrats Archie >w<
    Kalo udah keluar di gramedia pasti saya beli! XD

    ReplyDelete
  3. I personally like the first one, I love the design and how you draw their backside for the back cover
    I think that it is "the one" lol

    But the actual cover is not so bad either :)
    cant wait for the 17th feb! :D

    ReplyDelete
  4. pendapat tiap orang memang beda2 yah.. tapi keputusan memang ada pada tim redaksi.. XD moga2 covernyah menjual banget dan bakalan best seller, AMIN!
    dukung yanh teman teman ~_^ *wink

    ReplyDelete
  5. waaah...,suwer saya kagum banget sama artworknya mbak!! kereeen!! itu cover LUV yang keempat diwarnai pake cat air atau photoshop? trus juga ngegambarnya pake apa? kayaknya bukan drawing pen?

    ReplyDelete