Saturday, November 7, 2009

Manga Made in Indonesia.

untuk all my blog readers.. kayaknyah gw gak perlu deh ya ngasih penjelasan deskriptip apa itu manga, tapi untuk komikus yang berkencimpung dalam komik aliran Manga kayak gw.. seperti seorang mahasiswa yang ditanya kapan lulus, pasangan yang ditanya kapan kawin, dan newlyweds yang ditanya kapan punya anak..

maka pertanyan paling sering yang menghinggapi gw selain kapan komiknyah terbit adalah ini :

wah komiknyah niru komik jepang ya? kenapa nggak mencoba style sendiri? style komik indonesia?

gw tawu tiap orang yang ngomong kayak gitu bermaksud baik,nggak ada niat nyepet, melecehkan ato apa... tapi


WARFGHHHHHHHHHHHH!

Im fucK*ng tired with that man..

bukan gw nggak mau pake gaya komik indonesia,bukan gw nggak mawu nyari style gw sendiri. (dan gw nggak mauk mempermasalahkan,'emang gaya khas indonesia itu kayak gimana sih, emang punya?' apa harus kayak komik silat jaman jadul bla..bla..bala-bala.. dan nanti jadi perdebatan tampa akhir tentang komikus generasi muda dan generasi senior sehingga SAMA SEKALI tidak memberi solusi )

LISTEN guys..
gw ngomik dengan gaya yang gw sukai, yang gw nikmat menggambarnyah dan gw enjoy..SO WHAT kalo kalian anggap ini meniru kebudayaan negara lain.. ini asimilasi budaya man, efek dari globalisasi dan kemajuan jaman. jangan berpikiran sempit dan berharap kalo komik Indonesia akan tetap jadi komik indonesia tanpa sedikitpun pengaruh dari kebudayaan lain.

bahkan komik-komik amerika pun mulai berubah mengikuti gaya manga.nggak masalah kan?komikus korea, taiwan, dan China, bahkan India pun sekarang mulai mengusung gaya manga.. nggak masalah kan?

gw salut sama orang2 yang degan bangga masih memakai gaya komik indonesia jaman jadul, gw respect sama orang2 yang bisa nemuin gaya mereka sendiri, khas, unik, dan jadi terkenal karenanya.

tapi untuk gw sendiri. dari pada gw pusing2 sampe mumet mencoba mencari style yang unik,dan non manga, mendingan gw gambar sesuatu yang bikin gw happy, ngilangin stress gw, dapet duit pula, dan gw jadi produktip!dan itu adalah style MANGA

begitu juga untuk rekan2 dan comrade sesama komikus di aliran ini, gw tau mereka juga pasti kurang lebih ngalamin apa yang gw alamin,tapi syukurnya mereka tetap nggak berhenti dan maju terus di jalan ini, dan gw nyadar semakin banyak pula generasi2 muda yang bikin komik dengan gaya jepang..

mungkin beberapa diantaranya bikin para pencita komikus indonesia miris, karena komik yang mereka usung adalah tentang tokoh yang memakai seragam orang jepang, mandi di ofuro, membungkuk untuk memberi salam, dan makan bento sambil melihat bunga sakura.

tapi bersabarlah.. generasi-generasi tersebut hanya sedang mencoba menemukan tempatnya, hanya ingin mengekspresikan apa yang mereka sukai dan apa yang mereka baca sehari2. saya yakin kalo komik jepang diboikot sepenuhnyah, generasi komikus muda yang mengusung aliran manga nggak akan sebanyak ini, mungkin komikus beraliran amerika dan eropa akan lebih banyak..
dan apakah mereka juga sama bersalahnyah karena tidak memakai gaya indonesia?

bersabarlah dan tunggu, komikus2 tersebut termasuk saya, adalah warga negara indonesia, lahir dan besar disini.. lambat laun kami juga akan menemukan sesuatu yang khas indonesia, dengan gaya manga.

sama seperti korea yang kini punya manwha, siapa tau suatu saat nanti kita juga punya indomanga, maqita, etece-etece, dan karenanyah makin meramaikan industri komik indonesia,bikin komik indonesia makin maju dan terkenal.. iya kan? nafas2 baru dalam industri komik, didukung dan disupport dong.. ? biar tambah maju dan berkembang, nggak masalah mauk gaya amerika, eropa, korea ato jepang juga.. iya kan?.

komikus yang pake gaya manga, bukan berarti nggak punya style sendiri, coba perhatikan dengan seksama, semuanyah berbeda dan punya keunikan masing-masing, manga itu universal, tapi sangat beragam..tidak percaya? silahkan riset sendiri.. XD.

suatu saat nanti, saya yakin bakalan ada komik dengan tokoh utama bernama ujang ato cecep, nongkrong di circle K pulang skull, pake bahasa alay dan ngecengin cewek-cewek yang makan batagor, malam mingguan di rental PS ato main game onlen.dan sebagainyah dengan gaya manga yang kental.. dan semua orang bisa menikmati hal tersebut dengan enjoy tanpa berkata "ini kan niru komik jepang??".

dan ketika sekali lagi seseorang berkata.
"hei kenapa komiknyah niru komik jepang? kenapa nggak mencoba style sendiri? style komik indonesia?"

gw bakalan jawab,

kawan.. style komiku adalah manga, dan saya adalah orang indonesia,setiap karya yang keluar dari tangan ku adalah karya anak bangsa. capish??

10 comments:

  1. hide hidayat say:
    klo boleh usul nih. klo kamu emang sudah gandrung banget ama style manga, coba deh kamu modifikasi lagi style manga kamu ke yg lbih indon. spt gaya bicara, pakaian, logat bahasa yg dipake, lingkungan, dll. dgn bgt, apa msh ada yg bilang: wah jepang bangeeets!!... nggak kan?
    boleh diterima boleh gak.... trims.

    ReplyDelete
  2. kagak perlu diusulkan juga sudah ngarti gan.. =_=a
    (apalagi yang project LUV settingnya diIndonesia kan.. )

    btw dari awal ngomik gw seekor komikus yang sangat chauvinist dengan mengusung unsur sunda dan bukannyah unsur Indonesia..
    tapi karena style manga saya sangat kental..
    tetap saja komentar2 seperti itu masih ada..

    ReplyDelete
  3. @hidayat: emang gaya komik INDONESIA yg asli,sebenar2nya, sesungguhnya itu kaya apa sih? jelasin dung sejelas2nya ampe sejarahnya jg :3

    setuju ama archie~ udah LAMA bgt masalah ky gini didebatin, kok stylenya tiru2 jepang, ladidadida tralala,...basi ampe dengernya XD

    kalo sejarahnya sih yah, komik2 indo mahajadul itu--malah 'nurun' dari gaya amerika (misalnya komik Godam karya Wid.NS) dan ini emang knyataan scara sang komikus mngakui kl emang gayanya terpengaruh amerika. dan kalo gbr para komikus indo nowadays condong ke jepang, apa iya sih karya satu komikus jepang kita tiru mentah2 trus diaplikasi ke karya kita? gak lah~

    *NB : gausah buka id blogspot sayah, isinya tugas smua XD

    ReplyDelete
  4. komik adalah pesan/cerita...dari si penulis/pengarang/komikus untuk pembacanya...saat cerita/pesan itu tersampaikan maka si komikus anggap saja telah berhasil dalam karyanya. Dan jangan mengkambing hitamkan stye hanya segelintir karya ber-style manga yang punya kekurangan dalam penyampaian pesan/ceritanya. Si komikus hanya gagal dan perlu memperdalam lagi kemampuannya bercerita...sama halnya komik2 lain dalam stylenya masing2. "Kamu ngerti maksud cerita dalam komik saya??..okelah..habis perkara" ^_^

    ReplyDelete
  5. gaya komik Indo jaman jadull... itu karena jaman itu manga belon masuk wkakakakakak :P eniwei, cerita ujang/ cecep nya boleh juga tuh :P (kayakny) gokil heuheuheue.

    ReplyDelete
  6. gyahahaha sama nih beberapa kenalan saya juga nanya seperti itu kesaya!!!!! yah mau gimana lagi!!! garis tangan saya udah seperti itu ya hasil gambarnya seperti itu!!!!!

    silahkan lihat deh komik buatan saya (meskipun cuma untuk konsumsi pribadi heheheheheh)

    ReplyDelete
  7. welllll... chii, komik jadul sndiri itu kan bergaya komik amerika. kadang *maap aja nih* gue ga ngerti sama orang yg meremehkan gaya manga dan mengagungkan gaya komik jadul yg katanya indonesia banget. pdhl mah... komik jadul itu menggunakan gaya komik amerika loh. serius.

    dan ada fakta lagi nih. komik jepang awalnya gayanya ngikutin komik amerika dan eropa loohh... dan butuh waktu yang cukup lama untuk mereka akhirnya nemuin gaya sndiri yg pas.


    well, klo seorang komikus bisa nyiptain gaya sndiri yg unik, emang keren banget. tp mnurut gue ga ada masalah klo gayanya terpengaruh sama komikus lain *termasuk komikus jepang

    tp wajar ajalah klo ada yg pro dan kontra. itu mah biasa :)

    ReplyDelete
  8. kalo boleh jujur,,aku suka banget ma komik pertamamu,,sampai berulang kali d baca jg g bosen, trus g masalah mw terlalu jepang or apapun itu,,buat ak km komikus yg keren,,maju terus bwt karya yg banyak ^_^ ak sllu mendukungmu.... \(^0^)/

    ReplyDelete
  9. LUV itu settingnya Indonesia banget, kok :) *puk-puk Archie*

    ReplyDelete