Monday, April 18, 2011

Pembantaian Part 2

kalo lagi baca komik bareng dengan dia, terus dia muji2 komik yang sedang dia baca.
saya langsung merasa tertekan.

apalagi karena setelahnyah pasti kemampuan sayah juga dibanding-bandingkan.

kadang saya suka kesel, suka bete, suka pengen nutup kuping rapat2.
udah deh, saya tau kemampuan saya masih amatiran, masih banyak kekuranganya, nggak perlu di sorong2 in depan muka kejelekan diri sayah juga udah ngerti, udah tau. ini juga sedang berusaha keras untuk memperbaiki kemampuan diri sendiri.

tapi pengetahuan akan komik yang baik dan komik yang bagus, mencoba menerapkanya pada skill diri sendiri dan ternyata tidak segampang teorinya itu bener2 bikin frustasi. apalagi kalo ada perasaan, kalo udah ngerti teorinya ketika dipraktekin pasti bakalan langsung jago, instant, cepat, dan praktis. wah pasti enak banget.

tapi kan nggak semudah itu, harapan dan kenyataan jauh berbeda.

memang kalo terlalu banyak tau tentang teori dan teknik mengomik itu jadinya malah ribet, malah jadi bikin tertekan, apalagi kalo teori gak singkron sama praktek.
kadang saya cuman pingin ngomik ajah, just have fun, I dont want to push my self to hard, I just want to enjoy the moment.

tapi pemikiran seperti itu juga langsung dia bantai tanpa belas kasihan, dia bilang kalo sikap seperti itu nggak akan bikin saya maju, kalo pun maju, majunya lambat.
dan itu adalah sikap egois dan sombongnyah saya sebagai pengkarya ato komikus.

sebab orang yang rendah hati dan modest, akan terus belajar dan terus belajar, dan dalam mempelajari sesuatu, tekanan dan tantangan adalah hal yang penting.
Challenge your self! keep on Fighting to become better!

phew.. antara egokku yang cuman ingin fun, bentrok sama kewajiban dan tanggung jawabku untuk terus belajar.

despite all the frustation.

ini kemarin kritik2 yang bisa saya petik.

-pengkarakterisasian karakter yang saya buat sudah baik, tapi visualisasinya masih payah, masih terjebak dengan kerangka tokoh utama itu harus cantik dan cakep, proporsi sempurna dan tak punya cacat cela. setiap tokoh wajahnya kayak pake cetakan alias sama semuah. nggak variatip. kesannya.. apakah kalo sayah bikin karakter yang jelek, saya nggak bisa bikin pembaca suka hanya dengan sifatnya? bukan Visualnya?
nah lo nah lo

-paneling, penempatan frame, sudut pandang dan potray of the charachter on the scene are suck. saya terjebak pada penggambaran karakter melulu dan lupa untuk menghidupkan suasana.
dengan kata lain, wajah lagi wajah lagi, ekspresi lagi ekspresi lagi.membosankan
kenapa saya nggak punya inisiatip untuk menghidupkan suasana, ekspresi dan emosi lewat penggambaran hal lain selain wajah sang karakter??

(jleb jleb jleb)

- komik2 yang saya buat, kurang terlihat hasrat dan passion sang komikusnya, lack of details. lack of attention. kadang bikin pengambaran yang so-so dan seadanyah saja karena gambar saya yang seadanya pun sudah bagus dan enak dilihat.. komikus yang sombong (aduh! )


anywey.. memetik pelajar dan kritik ini setelah saya dibantai perframe.
PERFRAME pemirsa!! coba bayangin.. TAT ini mah bukan review lagi, tapi dibedah dan diris tipis2 terus digaremin..

hauuuu

but worried not. meskipun it harsh, tapi saya sangat bersyukur dan berterimakasih ada yang mau membantai saya kayak begini, yang meluruskan ketika sayah bengkok, yang nendang saya dari zona nyaman untuk terus berjuang.
THANX A LOT! pembantaian macam begini harus bikin sayah makin semangat! makin kreatip dalam berkarya iya kan?
ayo semangaaat!



ngomong2 soal karya, sayang juga kalo karya2 sayah jaman jadul terlantar begitu ajah difolder2, sekarang ada niat untuk membangkitkannya kembali dan dipublish di webcomic,
semoga bisa lancar.. :D Ini salah satu contoh halamanyah btw :)



tapi sayah mau ngerjain komik Broken winter dulu ya..
ciawww! XD

10 comments:

  1. Udah pernah baca komik2nya Yuu Ito? COba baca deh :D
    Gue selalu tenggelam dalam emosi yg mau dimainin sama Yuu Ito, dan kadang dia cuma pake illustrasi yg minimalis banget untuk ngebangun suasana dan emosi.
    Tapi jujur aja, untuk komikus Indo yg pk style manga, sejauh ini menurut gue elo salah satu yg terbaik. biasanya komikus bergaya manga di Indo mati2an konsen di artwork, sampai lupa sama cerita.
    sejauh ini, elo imbang. kuat di artwork tanpa lupain segi cerita.

    ganbatte!!!

    ReplyDelete
  2. Iya lea, sayah harus belajar tentang itu tuh ngebangung susana dan emosi.. *A*
    huaah belom bisa..

    komik sayah cuman bisa bikin orang ketawa, ga bisabikin orang ikut merasa berdebar dan menangis kayaknya.. >_< susah..

    but thank you so much for the support :D I will fight to be much better in the future!
    Thats a Promise!

    ReplyDelete
  3. Be Better, i know you can..
    Jangan terlalu terlena, puncak gunung masih jauh..
    Kita bisa liat puncaknya, tp kalau ga mulai melangkah ga akan pernah sampai..

    Fall seven times, stand up eight!

    ReplyDelete
  4. thank you my dear Cua >:D<
    :*:*:*:*:*:*:*:*:*

    ReplyDelete
  5. Setuju dengan macangadungan tuh~~Yu Ito dapat mengaduk2 aduk perasaan hanya dengan gambaran nya yang sederhana. Gambar Teh Archie mah termasuk udah detail. Tapi emang,belajar ntu kudu n wajib teh. Semangkaaaa deh~~ Teteup fans teh Chie neh hehehe~~~ b(^O^)d

    ReplyDelete
  6. dengan ada pembantaian seperti ini, berarti banyak yang sayang ke RC dan masih banyak sekali berharap komik RC terbit dengan kualitas yang lebih cihuyyy:)


    semangat terus dan bangkitkan MERAHMU! XD

    -jejel- :3

    ReplyDelete
  7. archie, emg rese ya kalo ada org yg kritiknya bisa sedetil dan sepedes itu LOL aku juga pasti mikirnya "orang ini udah dikerjain cape2 situ malah protes, emg dikira gampang apa gambar kyk begini?"
    cuman ya kalo bisa jangan mikir kesitunya, ntr ujung2nya malah ribut, kan kritik2 juga gunanya buat bikin kita lebih baik lagi. Jadi, sebisanya sih mikir yg positif2 aja. Mikir aja "oh kalo kyk gini brarti msh ada ruang buat aku untuk improve" which means skill km tuh blm mentok, km msh bisa improve lagi, bisa buat yg lebih baik lagi.
    Stiap orang pasti improve kok chi, apalagi km punya dia yg bisa bimbing km improve (pastinya level up nya bisa lebih cepet hahhaa). Jadi ya look forward aja kalo ntr dibantai lagi, itu brarti km masih bisa improve lg, karya km msh bisa lbh bagus lagi yakan? :))

    ReplyDelete
  8. siapa bilang cuma bikin ketawa? waktu baca LUV ga ta kenapa, kok bikin berkaca-kaca.. mungkin karena sifat tokoh2nya yg ampir sama *curcol* hehehe

    ReplyDelete
  9. menurut om pepeng,Allah sangat murka kpd mrk yg SOMBONG. Org2 Sombong punya ciri: 1. Menolak kebenaran 2. Merendahkan orang lain. Apakah kmu masuk karakteristik ini cie?

    klo menurut saya...
    - Visualisasi karakter yg menarik itu penting, kepribadian yg menarik itu penting juga, bagusnya bisa jalan dua2nya. Kelemahan banyak komikus shoujo, karakter cowoknya menarik namun kepribadiannya tidak membumi (masuk akal dan realistis), sedangkan karakter ceweknya desainnya gak menarik namun kepribadiannya membumi. Untuk kmu, cma bermasalah di kepribadian karakter cowoknya.

    -if you shoujoism, expression is always number one, ketauan neh kedangkalan cara pandang sang pembantai...maen pukul rata =_=a

    -untuk lack of spirit, kami seh bisa menarikmu ke area 100%, cma klo komikusnya gak mau...ngapain jg dipaksa...but damn...you only show half of your ability...i envy you...

    ranoa

    comics editor

    ReplyDelete
  10. walah, pengen nasehatin orang biar gak sombong, eh...diri sendiri malah ngerendahin orang lain T_T

    mohon maaf buat si pembantai...saya bodoh ini emang mesti banyak belajar lg :(

    ReplyDelete