Saturday, January 15, 2011

Pembantaian.

kemarin saya habis dibantai lagi...


ukh.. kalo bole jujur sih sedikit sakit hati... sedikitttttt habis harga diri atuh, dibantai kayak begitu.. =_=a pembantaian yang bagus sih.. tapi tetep wew...

terutama soal sayah yang kalo bikin komik tuh singgle fighter, nggak mau nerima masukan apapun soal komik yang dibikin dari scratch sampe selesai, karena idealisme saya.. saya berpikir kalo itu teh hasil karya saya keluar dari dalam diri saya. jadi nggak boleh ada campur tangan orang lain.

saya menyangkal bilang kalo saya masih mau nerima masukan, kritik dan revisi kok soal on going project...

-dia bilang... iya tapi revisi garis besar kan? kalo didirect perpanel nggak mau kan?kalo sampe ngubah jalan cerita, intrik dan konflik, meskipun menjadi lebih baik, nggak mau kan? soalnyah bakal ngerusak visi kamu terhadap komik.


*ugh sedikit kesel saya jawab. nggak juga! mau kok, tapi kalo revisi edan sampe ngerubah visi komik saya sih ya gak mau, kalo nurut-nurut aja dan jadi berubah brarti itu bukan komik saya lagi dong? itu jadi komik yang ngevisi??

- tapi kan yang namanyah revisi ituh cuman masukan biar komiknyah lebih baik, nanti yang memperbaiki, merombak dan yang mikir kan kamu juga? masih pake visi dan misi kamu kan?


*saya cuman bisa diem (da bener.. ) mikir kalo revisinyah kayak gitu mah cape atuh euy? harus rubah , rombak, gambar ulang mah cape atuh euy? (ketahuan deh saya males )

- belom lagi soal karakter... karakter kamu teh MERI SU! ! (marry sue lol )
semua yang bagus2 ajah di masukin, sifat semua manusia yang menarik kamu masukin, sifat karakternya jadi ambigu

* loh,sifat manusia kan komplex? kan memang ambigu?

- iya tapi kan terlalu complex untuk komik oneshot. pembaca jadi kurang bisa mendefinisikan karakter kamu, dengan kata lain mah karakternyah nggak membekas karena terlalu banyak komposisi kepribadian dalam satu tokoh. nggak greget, lama2 juga orang lupa sama karakter bikinan kamu .orang itu harusnyah bisa membedakan karakter yang satu dengan yang lainnya. coba kalo karakter komiknyah dibikin botak semua? pembaca masih bisa mengindintifikasi karakter mana yang mana ga?


saya diem lagi.

- terus soal bekgron! (background)

*(oh dem..)

- bikin shoot BG itu ada perbedaan atara komikus yang kepingin bikin BG untuk membangun suasana dalam cerita , dan BG untuk keren2an karena pingin pamer skill bikin BG


* (jleb-jleb-jleb)

-ini nih! (buka-buka sebuah komik lokal ) BG nyah bagus, tapi nggak masuk sama suasana komiknya, berasa cuman tempelan doang... BG gede2 hampir makan seluruh halaman tapi nggak efektif, suasana dan feel yang ingin ditampilkan nggak kerasa.


*(merenung, angguk anguk, merem melek )
hum iya juga ya, (mengambil komik sejejak mimpi ) ini.. ini.. RC suka baget sama komik Dhanumites karya Cosmic afro, dibanding kan komik yang itu.. orang2 pasti nggak akan mikir kalo Dhanumites BG nyah edan..
tapi coba liat efektifitas BG shootnya? semuanya melengkapi suasana, terus super detail, setiap tempat memiliki karakter dan kepribadian. cosmic afro itu memperhatikan detail sampe ke hal2 yang kecil macam selokan di kompleks perumahan di indonesia sampe gantungan kunci di pintu, posisi poster di kamar dan tata letak ruang. (berbinar2)

- iya! itu karena yang bikin komiknyah itu pake hati, terus dia bikin BG seperti itu karena BG seperti itulah yang dibutuhkan untuk pendukung cerita... bukan nyari seting dan BG yang keren untuk para tokoh beraksi seperti komik ini (menunjuk sebuah komik lokal yang kemarin dipuji habis2an gara2 BG nya mantap )

* ah sayah mah kurang setuju sama penggunaan BG di komik itu. liat ajah deh, kalo BG buat yang keren2, garisnyah mantap. perspektipnyah bagus.. tapi liat BG buat adegan2 kurang penting? apan tuh?? perspektip kaco.. toning belantakan.. garis acak2 an.. (*facepalm*)

-ah itu salah satu hal yang paling gw nggak suka soal komik2 Indonesia, halaman2 awal bagus. dibelakang keteteran. kesanyah nyepelein pembaca banget.. ato nyepelein editor. ah biar aja kan komiknya udah diterima, udah pasti diterbitin,,
kalo belakangnyah jelek, ya maklum aja soalnyah ngejer deadline..

komik yang jelek itu... komik yang asal nya di awal kualitas gambar dan amount of detail yang hebat, tapi pas halaman terakhir garisnya kaco, muka berubah, dan kualitasnyah menurun drastis.
bandingin sama komiknyah Eric bdg, ato komiknya Kat di sejejak mimpi. walo boleh dikata syle komik mereka bukan yang candy eyes dan bakalan bikin orang bilang keren ato bagus.. tapi dari awal sampai akhir kualitas artnyah konsisten, jadi otak pembaca jadi terbiasa sama stylenya. dan itu yang penting.


* hum... (ngaguk-nganguk )

-(membaca salah satu komik lokal ) apa ini??? adegan fighting kok begini? nggak ada impact nya? terus kenapa kok banyak panel yang nggak berguna macem zoom in ke mata? zoom in ke muka? dihalaman yang sebelumnyah kan udah zoom muka? banyak pengulangan gini??

pose pose fightingnyah nggak enak. mukul orang pake penggambaran distorsi dan seharusnyah kalo mukul dan nendang gitu,bisa bikin lawan terpelanting, ini malah cuman 'bluk' doang. terus ini dipukul sama tangan dengan dipukul pake tongkat besi kok SFX sama? cuman BUAKK ?


*yang jago bikin SFX ituh galang ama Jojo! lihat deh.. (buka2 komik karmatirta dan 4hero)

- iya, mereka jago bikin SFX....

* kalo pose fightingnya?

- kalo galang lebih luwes dan idup bikin chibi, bisa salto, melenting, gesturnyah lugas, kalo bukan chibi. pose fightingnyah standar dan cari aman, lebih banyak pose frontal. lama2 yang liat bisa bosen..terus ini kayak yang nggak finish yah komiknyah? banyak yang kosong.

*kan emang gayanyah gitu? pake arsir??? (ngebelain)

- cik atuh.. ini amount of arsiranyah juga nggak konsisten. ada yang diarsir ada yang nggak.. yang nggak diarsir jadi keliatan nggak finish..

*(memperhatikan baik2) .. hm.. iya yah.. pilih kasih ya? hehe cuman beberapa ajah yang di arsir..



kemudian , pembicaraan berlanjut sama komik2 luar terutama komik amerika soal blokingan dan arsir, diskusi sampe mulut berbusa.. selama ngobrol ngalor ngidul soal komik.. sayah jadi merenung soal pembantaian dan review diatas... hum...

bikin komik itu susah ya? jangan2 karena terlalu banyakk mikirin teknik dan cara penyampaian komiknyah, ntar saya malah jadi tertekan dan jadi nggak bisa bikin komik?
kok berasa banyak aturan begini? kok meuni riweuh?

dulu waktu saya masih awal2 bikin komik, saya bikin komik nggak banyak pake mikir.. asoy geboy enjoy we.

ah tapi saya ngomik kan sekarang bukan cuman buat asoy geboy enjoy.
tapi komik yang dibeli oleh orang lain...

karena itu sekarang saya dituntut untuk memberikan yang terbaik. nggak boleh asal2 an, nggak boleh cuman karena kepingin keren, harus mau memeperhatikan banyak hal.harus mau belajar dan mengembangkan skill.
bukan cuman buat pembaca.. tapi juga buat saya sendiri..


iya kan?

btw, terlepas dari segala kritik dan pembantaian diatas.. untuk saya saat ini :

kalo dikasih nasihat, saran dan kritik..
diterima dan dicerna dulu saja baik2..

yang cocok diambil.
yang dirasa mempersulit dan tidak sesuai disimpan dulu.


agree?

12 comments:

  1. nancleb! narasumber siapa? pasti dirahasiakan... nyahahahahaha. bukmark ah. <3

    ReplyDelete
  2. jleb jleb jleb , meng..

    komik yang dicetak mah karya industri soalnya. jadi wajar kalo harus dituntut sempurna agar pasar menerima, dan timbal balik daya beli lebih besar lagi kedepannya..

    yah, kecuali yang komik indie ato web..
    berarti lebih kerasa kalo sekarang meng sudah setahap lebih tinggi lagi skill untuk membuat komiknya :D. bukan hanya komik yang asal2an, tetapi komik kualitas tinggi XD

    kalo meng tidak bisa mengejar tingkatan mengomik meng, ntar ketinggalan lo!

    ayo, meng!
    dukungan akan selalu mengucur padamu, dari teman2 dan fansmu!

    terus semangat dan kobarkan MERAHmu!
    *hahaha, berasa iklan rokok jadinya..*

    jejel :D

    ReplyDelete
  3. IMHO yang dikatakan sama dia ada benernya tapi ada juga yang terlalu subjektif, mbak archie. yang bisa mengeluarkan komentar2 diatas kayaknya pasti yang udah pro banget en dah makan sayur asam garam industri ini ya.

    menurut aye sih komentarnya soal revisi itu berbanding terbalik. di awal dia bilang mengenai revisi direct per panel,mengubah jalan cerita, karakter dsb dan setelah dijawab mbak archie dia bilang revisi itu cuma masukan yang intinya terserah kita mau dipakai atau ngga. lha jadinya yang mana nih? yang namanya masukan itu kan cuma masukan, boleh jadi kalau diterapkan bisa lebih baik, tapi tetep mau diterapkan atau ngga itu sudah menjadi hak sang pemilik karya, karena walau bagaimanapun juga si pemilik karya adalah yang paling tahu dan memahami karyanya sendiri. kalau revisi, dari kata2 re-visi jadinya visi kita terhadap karya tersebut dipaksa untuk berubah sedikit.biasanya di dalamnya berisi tuntutan2 untuk memperbaiki kesalahan2 agar lebih baik. tetapi kalau revisinya:"revisi edan sampe ngerubah visi komik saya " dengan ngerubah konsep cerita, dsb well saya setuju sama mbak archie, kalo kaya gitu itu bukanlah karya kita lagi, tetapi yang menuntut revisi tersebut.setelah ini baru deh bilang "revisi cuma masukan". lha memang! bagaimanapun juga itu karya kita, kita berhak mempertimbangkan segala usulan, masukan, kritik dan saran yang ada, dan berhak pula mau menerapkannya atau tidak. kalau dituntut untuk merevisi sesuai masukan dan harus melaksanakannya itu namanya pemaksaan kehendak untuk memuaskan ego sang penuntut revisi tersebut, dengan keyakinan si penuntut kalau masukannya akan membuat karya yang dituntut menjadi lebih baik. (menurut aye)

    karya seorang komikus itu ibarat sebuah rumah.hanya komikus sang pemilik rumah lah yang sangat mengetahui dengan mendalam seluk beluk rumahnya sendiri. kalaupun ada tetangga yang menganjurkan "eh rumahmu kayanya bagus dicat kuning deh" berarti itu masukan dan kita yang mendengarnya lalu berpikir "bagus ngga ya kalau dicat kuning?" dan kalau kita berpikir bagus, ya itu hak kita untuk kita terapkan,kalau kita berpikir tidak bagus, itu juga hak kita untuk bilang "ah menurut saya begini juga sudah bagus". ini beda kalau tetangga itu bilang "heh, rumahmu dicat kuning dong! biar lebih bagus! rumahmu tuh bakal lebih oke kalau dicat kuning biar saya lebih enak kalo lewat didepan rumahmu!" sekali lagi, kalau hasil pertimbangan kita masukannya bagus dan ada benarnya dan ingin kita terapkan, ya terapkan saja, tapi kalau misalnya kita menolak karena menurut kita itu tidak perlu namun si tetangga ngotot, bisa saja kan kita bilang "yang punya rumah ini siapa? saya atau kamu?"

    kalau contoh dunia nyata yaitu revisi dari editor, aye kira mbak archie pasti lebih pengalaman.tapi ya kalau editor sampai ingin merevisi ceritanya dan segala macemnya yaa, tergantung pertimbangan kita sebenarnya. makanya pasti sebel juga kan kalau dapet editor yang merevisi karya kita sampai rombak habis demi preferensi pribadi bukan atas pertimbangan pasar. makanya saiko dan takagi dari bakuman sering berdiskusi larut dan bertengkar sedikit sama editornya :D

    wah maaf nulisnya kepanjangan, yah ini aye cuma nulis masukan loh mbak archie, bukan tuntutan untuk merevisi sesuatu XD
    mohon maaf kalau ada salah kata.

    ReplyDelete
  4. wah ... mbak Archie bener2 dibantai.
    tapi abis baca post ini. aku juga jadi mikir..
    terutama soal BG ....
    iya ya, bikin BG nggak cuma skill aja yang diperluin..
    tapi juga harus sesuai sama suasananya

    makasih.
    itu pengkritik bener2 pedes bgt ngritiknya!

    tapi, ayo, tetep semangat berkarya!

    kritik itu salah satu bagian dari takdir komikus.

    ReplyDelete
  5. Sangat luar biasa...bukan cm diskusinya (mski cm spenggal) tp jg RC sangat berbesar hati dibantai gt dan menerimanya sbg masukan...biasanya kl yg laen, kolaps trs emo duluan deh ... :)

    ReplyDelete
  6. @ neu : yap, narasumber dirahasiakan.. XD
    @ jejel :makasih jel buat supportnya, masih terlalu pagi untuk menyerah.. ayo maju terus!

    @pavlichenko : wow asik komen panjang.. ^^
    yeah saya ngerti kok makasud kamu kemana, dan maksud orang yang ngasih kritikan itu kemana..
    toh pada akhirnya kita sendiri kan yang punya kuasa penuh untuk menentukan nasib sang komik mau kayak gimana. :D toh yang ngerjainkan kita sendiri,

    so mau diterima ato nggak.. komik tersebut masih merupakan visi dan misi sayah gt loh.. :D

    @Fafa : yah syukurlah kalo post ini memiliki sesuatu yang berguna dan bisa dijadiin penceraha juga.. ^^

    kritik komentar saran ato apapun juga, memang harus diambil positipnyah ya?

    @ Ennie : owh you gotta see my face in person at that time..

    sayah ga bisa berenti manyun.. wkwkwk
    mangkeeeel banget kalo diceramahin sesuatu yang kamu tau itu bener, tapi harga diri kamu terluka...

    tapi orangnyah udah ngewanti2 saya dulu sebelom ngritik..


    "jangan bete dulu, dengerin baik2, ini mah cuman masukan.. mau nggak?"

    sayah bilang mau dan siap... jadi kalo terus akhirnya saya marah2, ato emo.. kan maluuu~~

    ReplyDelete
  7. weugh, nancep banget, chie...
    apalagi yang soal BG, berasanya saya yang dibantai...

    ;_;

    btw, tim saya pernah ngalamin, ngerevisi naskah sesuai yang disarankan editor. tapi setelah naskah selesai, editor kaget karena hasil jadinya berbeda banget (dan nampaknya beliau kecewa... hahaha)...

    ~ Oni

    ReplyDelete
  8. Archie, this topic is really interesting :) aku kasih masukan dikit ya, bedasarkan pengalaman juga hehe

    -soal revisi, kalo di kelas pasti sblm ngumpulin tugas musti di workshop dulu . jadi first draft aku misalnya, dibaca sama anak2 sekelas (kalo kelas script dipraktekin) trus ntr abis itu mereka kasih tau yg bagus dimana, yang jelek dimana dan kasih ide gimana cara buat lbh bagusnya.

    nah, biasanya kalo di workshop banyak yg kasih ide aneh2. tapi kan namanya juga masukan, ada yg bisa dipake ada yang engga. jadi meskipun ada ide2 yg ga masuk akal, pasti ada juga dong yg bikin km mikir "oia kalo ceritanya kyk gitu kan jd lebih bagus" atau ga "oia, karakternya kalo dlm situasi kyk gini harusnya dia gini" gitu loh

    jadi intinya open minded aja, terima aja masukan2 nya dulu, baru ntr dipilih2 mana yg kira2 berguna, mana yg aneh. orang kan ngasih masukan juga buat ngebantuin km bikin cerita yg lbh bagus, bukan bikin cerita km jd punya dia, yakan? :)

    -kedua soal BG. bedanya nulis prose sama bikin komik kan, kalo prose smua2nya ditulis pake kata (mau setting, mau ciri2 karakter pasti pake kata2) dan kalo komik kan pake gambar (kecuali dialogue ya masih pake kata2). Tapi intinya kan sama: tell a story to the readers. Jadi, mnurut aku kalo komik yg gambarnya bagus, rapi bakal lebih enak dibaca, sama kyk prose yg grammar nya bagus misalnya and ga banyak typo nya.

    Tapi, kalo komik yang gambarnya bagus banget banget tapi ceritanya ga jelas, orang kan bacanya juga males. Sama kyk prose yg bahasanya naujubile cuman plot nya teot. Jadi, kamu itu bikin komik bukan cuman fokus di skill gambar kamu aja. Kamu bikin BG buat apa coba? 1. ngasih tau setting cerita km (kyk apa sih lingkungan cerita km?) 2. ngasih tau karakter km dmn (udah pindah apa msh di tmpt yg sama dia?) 3. ngasih tau personality karakter km (sekolah dmn, kamarnya kyk apa, dll) dan yg lain yg aku gatau. Kan skill km gausah yg terlalu WAH yg penting 3 poin (atau lebih) ini tersampaikan ke pembaca yakan? :)

    -tentang characterization. emg characterization itu susah, aku aja kalo udah pewe sama personality satu, susah bikin personality yg lain. aku sih biasanya ikut RP group gt biar bisa belajar bikin personality karakter yg beda2 dan gimana cara dia interaksi sama karakter orang lain (yang sifatnya beda). Atau ga coba aja karakter2 km dikumpulin di satu ruangan buat belajar misalnya. Pasti sifatnya beda2, ada yg rajin, ada yg gamau belajar, ada yg tidur, ada yg pulang maybe gara2 terlalu berisik? hahaha

    -terakhir soal repetition sama consistency. kalo ga salah dulu dibilangin pas belajar film, kalo zoom muka itu buat ngasih tau ekspresi karakter (kaget or marah or something) sama ngasih liat detail (misalnya dia kemaren matanya ijo, hari ini jadi merah). jadi, sekali2 gpp lah zoom muka, cuman kalo berkali2 namanya repetition. sama kalo misalnya dalam satu paragraf aku ngulang kata "so" berkali2, org yg baca kan sebel. lama2 dia itungin brp kali aku pake kata "so" bukannya baca ceritanya x))

    Sama consistency, aku yang bikin tugas depan2 nya bagus akhir2nya amburadul aja dicurigain dibantuin bikin sama orang lain, masa kalo bikin komik engga? ya kalo menurut aku sih harus pinter2 atur waktu aja, biar kerjaan ga numpuk pas deadline and kualitas gbr nya stabil krn km ga terlalu cape :) emg susah sih aku juga suka bikin tugas mepet deadline x(

    Yaaa sekian deh chiii maav kalo banyak omong dan kalo ada yang salah2 hehehe. semoga masukannya membantu aja :) tetep semangat ngomik yaaa . ntr aku bantuin bikin cerita deh kalo aku udh pinter bikin naskah hihihi

    ReplyDelete
  9. whoaaaa gile sadis banget tuh komen2nya ..... kalo boleh tau yg kritik itu, apa dia komikus juga ato pembaca O__O;;;? nanti apa kamu bisa pm aku di fb siapa si kritikus ini dan komik2 indo yang dia bilang itu BG nya keren abis?

    ReplyDelete
  10. @ Akita.. wow panjang Aqita. XD iya makasih masukanyah ya..
    kurang lebih pendapat aqita sama kayak saya :
    kalo dikasih nasihat, saran dan kritik..
    diterima dan dicerna dulu saja baik2..

    yang cocok diambil.
    yang dirasa mempersulit dan tidak sesuai disimpan dulu.

    @sys : heuuuuu sayah submit obrolan ini nggak minta ijin dulu sama orang yang bersangkutan...

    ntar kalo sayah kasih tau siapa orangnyah, terus kontak2an.. ntar dia tau soal blog ini..
    nggak amu ah tatuuuut LOL

    judu komik yang dikritik dan orangnyah dirahasiakan :D untuk melindungi dari hal2 yang tidak diinginkan.. gomen ne?

    ReplyDelete
  11. oooooh ok ok aku mengerti kalo begitu. aku ga percaya aja ada orang yang bisa sebegitu detailnya mengkritik seorang artis, tapi kesimpulannya bener apa katamu. filter lah semua informasi dan ambilah informasi yang membantu. jadi dikau janganlah terlalu stres ^__^. sejauh ini belum ada yang kritik karyaku sebegini detailnya sih....

    ReplyDelete
  12. @ sys : actually.. sayah sebenernya seneng kalo dikritik sampe sedetail itu.. ^^ its show that people care..

    and they really wanted to spend their time telling our flaws and gave suggestion how to fix it..

    tapi kalo boleh request sih.. pake cara penyampaian yang lebih manis biar saya nyah adem..
    ato boleh juga sebelumnyah ngasih makanan ato sesajen apa gt biar sayah nggak mayun pas dikritik..
    wkwkwkw LOL

    *dibata*

    ReplyDelete