Tuesday, January 15, 2013

Orderan Komik

Selain mengerjakan komik untuk web,dan illustrasi, saya juga menerima orderan privat comic commission.

beberapa orang bertanya soal hal ini, maka sekarang saya akan menjelaskan sedikit tentang apa itu privat comic commission.
privat comic commission, atau pesanan komik untuk konsumsi pribadi. adalah orderan komik yang tidak seperti orderan profesional, komik tersebut tidak dimaksudkan untuk dicetak, diterbitkan, atau diperjual belikan.
sebab dari itu banyak hal-hal yang berbeda, seperti kesinambungan halaman, naskah, dan bahkan deadlinenya.

sebagai contoh, saya mau kasih intip intip komisian saya dengan Ariade, salah satu klien dari deviantart. Ariade udah mulai menyewa jasa saya dari sejak 3 tahun yang lalu, dia tergabung dalam sebuah forum RolePlay bersama teman-temannya. jadi terdapat banyak karakter dan cerita yang ingin dirubah kedalam komik dari kegiatan roleplay tersebut.
dan yang menyewa jasa saya pun bukan hanya Ariade, tapi kadang temen-temenyah juga ikut nitip pang bikinin komik lewat Ariade.
fungsi komiknya juga bukan untuk diterbitkan atau dicetak, hanya sebagai 'fun' saja untuk menambah semarak forum roleplay yang mereka ikuti :D


Roleplaynya sendiri tentang karakter dan Daemon (pendamping) setiap karakter yang mempunyai kekuatan, mempunyai pendamping yang merupakan iblis/monster
dan mereka tergabung dalam sebuah organisasi memerangi kejahatan yang mengancam dunia.

dari mana saya tau soal hal ini? sedangkan forumnya sendiri pake bahasa jerman, dan saya boro-boro ngerti soal roleplay?
itu karena Ariade sendiri yang menjelaskan kepada saya.
apabila pada komik pro sang klien mempunyai naskah, pada komik privat biasanya klien hanya punya ide dan gambaran, jadi kita sebagain artist harus banyak-banyak bertanya agar semuanya jelas. :D

pada komik kali ini, tokohnya adalah Danathe, Miyu dan Cavan,
Miyu adalah manusia dengan kekuatan, dan daemonnya adalah Cavan,
Danathe juga Daemon, tapi manusianya tidak diceritakan dalam komik ini.

Ariade memberi saya referensi karakter2nya sebagai berikut dan dia memberi saya kebebasan untuk menerjemahkan karakter kedalam gaya saya sendiri. (satu lagi bedanya komisian privat, kadang klien membebaskan kita untuk ngutak ngatik karakter, tapi tentunya atas izin sang klien )
Danathe, a Dragon Daemon

Miyu, human

Cavan , an Ice lion Daemon
dan kemudian Ariade memberi saya brief ide komiknya sebagai berikut (copas asli)

Miyu, Danathe, and Cavan.
You see Miyu which tries to control her plant ranks what looks very clumsy “ahh so hard to control..”
Next you see some funny scenes: Miyus ranks smack down Danathes Cofe out of his hand. The ranks pulls on his hair, as he tries to brush his teeth he didn´t have a toothbrush in his hand it turn out as Miyus rank.
Miyu Always said: It´s not my fault I can´t control them
Last panel you see Cavan hung on a tree like a piƱata, Miyu looks to Danathe “What..” he replies “It´s my fault but I CAN control it!”



Miyu itu kekuatanya bisa mengendalikan pohon, tapi saya rada nggak ngerti apa itu maksudnya
"plant ranks " dan gimana saya harus memvisualisasikanya, jadi saya nanya lagi sama Ariade.
kayak gini?


terus Ariade ngasih referensi wolverine claw nya Xmen.
oh kayak gitu? oke deh..
dari Briefnya, saya menterjemahkan dulu kedalam konsep storyboard seperti ini.


konsep
dapat revisi katanya Cavannya jangan takut dan minta tolong, tapi marah.. dan Danathe wajahnya jangan senyum, tapi tetep cool.
oke siip :D
setelah konsepnya  direvisi dan disetujui, baru bikin sket..


sketsa
kalo sket nya oke, lancar deh kesananya.

tintaan


finishing
Selesai :D

enaknya komisian pribadi kayak gini tuh bebannya lebih ringan dibandingkan kerjaan pro yang deadlinenya ketat.
kandang klien komisian pribadi juga suka nggak enakan kalo ngerevisi, ngasih kebebasan lebih, dan kadang suka nggak ngasih deadline.
karena itu juga jadi banyak kasus.
karena nggak dikasih deadline, banyak artist yang nunggak kerjaanya sampe tahunan, lebih parah si artist kadang suka nipu ato kabur.
kalo udah gitu biasanya si artist suka diblacklist dan susah buat dapetin klien lagi kedepannya, nama dan reputasinya rusak dan mempermalukan diri sendiri.. wiiw jangan sampe deh.

biarpun ini orderan privat, tapi karena melibatkan duit, tetep harus diperlakukan dengan serius, kalo nunggak jangan lama-lama, kasih kejelasan ke kliennya biar klien tenang, kalo ga ntar dikiranya kabur.
paling penting itu komunikasi dijaga. kasi servis juga kalo bisa.
kalo Klien udah percaya, mereka bakal datang terus-terusan dan jadi langganan, bahkan suka ngasih hadiah dan tips. wew dimanjain dah. XD.
biar buat mereka komisian privat gini tuh murah meriah, tapi karena tarip internasional, lumayan bisa buat makan sehari-hari ^^
kadang ada juga klien lokal yang tertarik :)
bisa ngomik, ngasah skill, beban kerja ringan, dapet duit pula? gimana ga asik?

Alhamdulillah..



6 comments:

  1. hew, bagus2 teh.. btw dulu pertamanya bisa dapet order komisian gimana ? apa pasang iklan atau tuh calon klien cuma liat portofolio kita gitu ?

    ReplyDelete
  2. bikin akun di deviantart, udah gitu masuk masukin portofolio, terus bikin keterangan di jurnal kalo kita nerima komisian, sebut harga dan cara bayarnya gimana.
    calon klien yang tertarik menghubungi lewat PM, langsung deh transaksi :)

    ReplyDelete
  3. wah ane udah coba masang comission,
    tapi orang yg liat DA anew dikit, gimana biar DAnya bisa rame ya??

    ReplyDelete
  4. Aku baru baca LUV kemaren, hihihi.. telat banget ya? Sukaaaaaaaaaaaaaaaaaaa.. kamu pinter banget sih bikin plot, ceritanya juga ngalir, dan kalimat-kalimatnya wajar, nggak maksa.
    Kalau mau lihat komik apa aja yang udah kamu tulis, di mana, ya? :)
    I am officially a fans now ;)

    ReplyDelete
  5. Salam kenal, apa boleh tau tempat beli mata pena di bandung/jakarta? Trims :)

    ReplyDelete